Sejarah Hari Ini: Peristiwa Ledakan Bom Atom Hiroshima Dan Nagasaki

Sejarah Hari Ini: Peristiwa Ledakan Bom Atom Hiroshima Dan Nagasaki

Sejarah kelam Negara Jepang, dimana pertempuran 2 negara raksasa yaitu Jepang dengan Amerika Serikat. Perang Dunia II yang dimana Jepang diminta sekutu untuk menyarah tanpa syarat setelah Nazi menandatangani instrumen penyerahan diri pada tanggal 8 Mei 1945. Hingga akhirnya Perang Pasifik terus berlanjut, Amerika dengan sukutu yang saat itu beranggotakan negara Britania Raya dan Tiongkok. Mendesak Jepang kedua kalinya untuk menyerah, namun permintan tersebut diabaikan oleh Pemerintah Jepang.

Sejarah Hari Ini: Peristiwa Ledakan Bom Atom Hiroshima Dan Nagasaki

Hingga Amerika Serikat mendapatkan kesepakatan dengan Britania Raya dan Tiongkok untuk merancang Bom dan yang akan diluncurkan ke Jepang. Penggunaan senjata nuklir masa perang untuk pertama dan terakhir kalinya dalam sejarah. Pada Juli 1945 proyek pembuatan nuklir Bom Atom berhasil dijalankan dan di coba di gurun New Mexico. Kemudian Bom diluncurkan pada bulan Agustus di 2 titik pusat pangkalan Militer & Industri Jepang dalam jangka waktu hari yang tidak lama.

Tragedi Bom Atom di Hiroshima Dan Nagasaki pada 1945, Sejarah Kelam Bangsa Jepang

Pada 6 Agustus 1945 Amerika menjatuhkan Bom Atom pertama kali di Hiroshima. Setelah 16 jam Bom berhasil diluncurkan dan menghancurkan semua bagian wilayah Hiroshima, Presiden Amerika Serikat Harry S. Truman lagi-lagi meminta pemerintah Jepang untuk menyerah. Namun Jepang masih melakukan perlawanan terhadap Amerika.

Tragedi Bom Atom di Hiroshima Dan Nagasaki

Hingga setelah 2 hari Jepang masih belum menyerah, Bom Atom ke-2 di jatuhkan pada 9 Agustus 1945 di Nagasaki. Dalam kurun dua sampai empat bulan pertama setelah pengeboman terjadi, dampaknya menewaskan 90.000–146.000 orang di Hiroshima dan 39.000–80.000 di Nagasaki; kurang lebih separuh korban di setiap kota tewas pada hari pertama. Pada bulan-bulan seterusnya, banyak orang yang tewas karena efek luka bakar, penyakit radiasi, dan cedera lain disertai sakit dan kekurangan gizi.

Setelah banyak penduduk sipil dan militer yang tewas, akhirnya Jepang menyerah tanpa syarakat kepada Amerikan dan Britania Raya pada 15 Agustus. Dan tanggal 2 September 1945 Jepang menandatangani instrumen penyerahan diri yang otomatis mengakhiri Perang Dunia II. Mundurnya pertahanan Jepang karena di Bom oleh Amerika dan Sekutu masih menjadi perdebatan hingga sekarang.

Sejarah Seputar Negara Jepang Lainnya :

Sejarah Festival Matsuri Di Jepang